Silsilah Arya Sukahet

Merangkum uraian Pelelintih Warih Arya Sukahet, Arya Sura Wang Bang Lasem adalah leluhur atau cikal bakal penjelmaan Arya Sukahet, yang mendapat tugas oleh Patih Gajah Mada untuk mengamankan wilayah sebelah timur tukad/sungai Unda dan berkedudukan di desa Sukahet.

Lokasi Puri Arya Sukahet dulu adalah disebelah timur pura Dalem Talibeng sekarang, sedangkan lokasi setra/pemakaman dipinggir Griya Wanasari sekarang. Pura kawitan Arya Sukahet (Merajan): I. berlokasi di Banjar Tengah Desa Adat Sukahet, II. Di Banjar Kebon, Desa Adat Sukahet, III Merajan Bedangin dan VI Merajan Uma Desa berlokasi di Talibeng, sedangkan Pura Pedharmaan Arya Sukahet terletak di dalam komplek Pura Besakih.

Pratisentana yang tersebar di berbagai wilayah Bali bahkan di luar Bali juga memiliki Pura Merajan masing-masing sebagai tempat pemujaan sesuai situasi dan kondisi setempat.

Keterangan :

  • I Gst Ayu Peling Kalih diambil rabi Dalem Dimade Puri Kelungkung
  • I Gst Ayu Sukahet diambil rabi I Dewa Sumretta sda ==> Merajan Sukahet Klk.
  • I Gst Ayu Wanasara diambil rabi ke Puri Karangasem
  • I Gst Ayu Belong diambil rabi I GN Putih, selanjutnya oleh I GN Sidemen
  • I Gst Ayu Wanasari diambil rabi I GN Dauh Purnaming Kapat, Sidemen

 

3 Responses to Silsilah Arya Sukahet

  1. I Gusti Ayu Sukahenak says:

    dari silsilah diatas arya wang bang lasem ke bali mendampingi sri dalem ketut kresna kepakisan adalah tahun 1325M, dalam perjalanan arya wang bang dan dalem ketut kresna kepakisan turun temurun tinggal menetap di bali, dari silsilah diatas sampai dengan sebelum i gusti ayu wanasari ada generasi pertama arya wang bang, generasi ke dua arya sukahet, generasi ketiga i gusti ngurah sukahet dan generasi keempat i gusti ngurah sukahet jugig. kenapa dihitung generasi sampai sebelum i gusti ayu wanasari? karena dari perjalanan sejarah dalem atau raja selalu berhubungan dengan arya sukahet selaku petugas kerajaan, pada saat terjadinya pemberontakan oleh agung maruti, sri dalem pindah disidemen, dan dibuatkan puri oleh kryan ngurah sidemen dan i gusti ngurah sukahet(belum ada disebutkan i gusti ayu wanasari) sampai dengan penyerbuan ida idewa agung jambe untuk mengambil alih pusat pemerintahan yg dikuasai agung maruti juga masih nam petugas kerajaan dari sukahet yang muncul yaitu igusti ngurah sukahet(lagi lagi belum igusti ayu wanasari). akhirnya agung maruti berhasil dikalahkan dan yang dinobatkan menjadi raja adalah ida idewa agung jambe pada tahun 1704M, artinya sejarah berjalan dari tahun 1325 s/d 1704 belum muncul nama i gusti ayu wanasari, dalam silsilah keturunan raja ida idewa agung jambe sudah di generasi ke enam, artinya generasi di arya sukahet masih kurang lagi dua generasi, kalaupun di buat empat generasi boleh boleh saja, yaa siapa tahu mulai arya wang bang sampai dengan generasinya yang keempat semuanya punya umur lebih panjang dari raja.

  2. made sugitha says:

    OM swastyastu, ampura tyang metaken, wastan tyang made Sugitha saking denpasar. mohon pencerahan. apakah arya sura wang bang adalah juga keturunan dari Ida Bang Manik Angkeran? kalau Iya, jika berkenan mohon diceritakan..!!
    Kalau ada, Tyang juga mohon pencerahan mengenai garis keturanan beliau yang ada di blahbatuh..dst

    • Om Swastiastu Pak Made… ampura baru bisa respon..Tiang diskusikan dumun dengan team dan mencari referensinya gih.. dumogi kepanggih.. lan bisa berguna bagi kita semua..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 − 3 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>